Bersemangat

BismillahirRahmanirRahiim,

Alhamdulillah bisa nulis lagi (hmmm, kayak berat banget yah untuk nulis). Mau cerita tentang kedatangan 3 professor ke jurusan kami di Informatika-ITS. 2 dari Jepang dan 1 dari UI. Mereka kelihatan masih muda-muda, meskipun usianya kira-kira udah sekitar 50. Mungkin itu karena mereka enjoy yah dengan profesinya…

Sahabat,
saya terkesan dengan Prof. Tomonori Aoyama dari Keio University. Beliau hanya menampilkan sebuah judul presentasi : New Network Generation. Saya sendiri sebelumnya mengikuti kuliah tamu yang disampaikan oleh Dr. Glitho dari Ericcson Kanada (dosen juga, cuman lupa univ-nya) yang bercerita mengenai 4G sebagai suatu kesinambungan dari teknologi 3G. Judulnya aja “Towards Next Network Generation”.

Sebelum bertemu Prof. Aoyama kemarin, saya sempat membaca artikel dari TechRepublic mengenai statemen pemerintah Jepang yang akan memulai sebuah proyek yang didukung oleh banyak perusahaan dan universitas besar di Jepang. Proyek tersebut bertujuan untuk membuat suatu konsep jaringan baru yang akan menggantikan peran teknologi internet. Secara Total. Dan Jepang berinisiatif untuk menjadi penguasa pertama teknologi ini.

Ketika ditanya mengenai konsep ini, Prof. Aoyama menjawab dengan jawaban yang membuat saya terkagum. Beliau mengatakan bahwa konsep ‘pengganti internet’ ini adalah sebuah cita-cita. Jika ditanya bentuknya seperti apa, beliau menjawab bahwa hingga saat ini belum ada orang Jepang yang bisa menggambarkan secara utuh bagaimana teknologi baru ini berbentuk.

Orang Jepang hanya PERCAYA bahwa teknologi ini ada, cuman saat ini belum ditemukan dan mereka ber-CITA-CITA untuk menjadi yang pertama yang MENEMUkannya ! Ini adalah proyek jangka panjang, bukan sebuah proyek yang asal dananya turun. Prof. Aoyama memberikan gambaran, bahwa 20 tahun lalu, orang tidak ada yang menyangka internet akan menjadi seperti sekarang. So, mereka YAKIN bahwa TIDAK MUSTAHIL akan menemukan teknologi baru ini sebagaimana dulu orang menemukan internet.

Subhanallah,
Sudah terlalu banyak contoh orang, kelompok, masyarakat ataupun negara yang punya visi dan misi yang jelas akan lebih mudah mencapainya daripada orang, kelompok, masyarakat ataupun negara yang ragu dengan cita-citanya. Atau malah lebih parah, tidak punya cita-cita !

So, mari kita lihat hasil dari SEMANGAT ‘saudara tua’ kita ini. Tapi akan lebih baik jika kita menjadi sadar dan menetapkan satu proyek baru : Menemukan teknologi baru ini sebelum orang Jepang menemukannya. Simple, hehehe….

Wallahu’alam.

Iklan

3 Tanggapan to “Bersemangat”

  1. Fajar Says:

    wah, cita-citanya cak Tyk mantab, tegas, san semoga sukses cak! amiin.

  2. irfun Says:

    wah sepatu neh cak, sepakat dan setuju !!
    semangat yuk, semangat!!
    sekaranglah waktu berkarya, bukan esok apalagi kemarin

    ^_^ Y

    http://beninghati.blogs.friendster.com

  3. haikal Says:

    cak tyk.. “Dum Spiro, spero” artinya apa sih ?

    Salam kenal -lagi-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: